Kamis, 08 September 2011

Musim Kemarau Penyebab Kebakaran Hutan


Musim Kemarau ditambah angin yang kencang menjadi pemicu utama dalam kebakaran hutan yang terjadi di beberapa daerah Indonesia terakhir ini, terlebih di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung,Sebut saja, kebakaran hutan kota di Perumnas Bukit Merapin awal puasa yang lalu, kebakaran di hutan dekat propinsi kemarin melihat indikasi musim kemarau menjadi penyebab kebakaran hutan.
Untuk itu semua pihak dapat menjaga lingkungan sekitarnya, kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Eko Maulana Ali di Rumah Dinasnya selasa 6/9.
Ditambahkannya masyarakat yang membakar sampah dapat menjaga kebakaran itu, jangan ditinggalkan begitu saja, apalagi sekarang ini sudah memasuki musim kemarau.
“bakar sampah boleh saja, namun harus ditunggu sampai apinya mati sehingga tidak menimbulkan kebakaran yang besar”, katanya.
Dampak yang ditimbulkan bila tidak dijaga dalam pembakaran itu apalagi didaerah hutan kata Eko, pasti merugikan kita semua, karena angin yang kencang ditambah mengeringnya rerumputan akibat teriknya matahari akan membuat api yang sangat besar.
Untuk itu, Eko mengharapkan semua pihak dapat menjaga lingkungannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Sementara itu, musim kemarau juga menjadi ancaman yang sangat serius di daerah ini kata Eko, namun pihaknya sudah menginstruksikan dinas PU untuk membantu masyarakat dengan mempersipkan armada pengangkut air sehingga masyarakat tidak menjadi resah dan gelisah.
Dijelaskan Eko, nantinya masyarakat yang mau menggunakan jasa PU untuk memenuhi kebutuhan MCK tidak perlu membayar air, namun mereka cukup membayar jasa transportasi saja.
Untuk sekarang ini lanjut Eko, masing-masing harus tanggap dengan kondisi sekarang ini, musim kemarau dan kebakaran akan menjadi kasus yang terus mencuat bila masyarakatnya tidak pro aktif ,untuk itu Eko mengharapkan peran serta masyarakat dengan kondisi sekarang ini.
“masyarakat harus tanggap dan pro aktif dalam keadaan seperti ini”, pungkasnya. (rn-13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar