Senin, 05 September 2011

Hutan Kampak Terbakar


PANGKALPINANG, RN – Kawasan hutan yang terletak tidak jauh dari stasiun pengisian bahan baker umum (SPBU) Kelurahan Kampak Kecamatan Gerunggang, Sabtu (3/9) siang terbakar. Kebakaran terjadi di dua titik yakni di sebelah SPBU dan dibelakang perumahan warga. Namun berkat gerak cepat Dinas Kebersihan dan Kebakaran Pemkot Pangkalpinang dengan Unit Kebakaran PT Timah Tbk, api berhasil dipadamkan.

Menurut penuturan warga Kampak, Gunawan, kebakaran hutan di atas bukit tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Dirinya yang saat itu sedang bersantai di dalam rumah terkejut mendengar suara kobaran api yang cukup besar berasal dari hutan di atas bukit yang berada di belakang rumahnya.

“Siang itu angin kencang, apinya membesar, suaranya pun menakutkan, suara api memakan ranting, semak dan pohon kering,” tuturnya.

Warga pun bertindak, lanjut Gunawan, secara bergotong royong mereka mencoba membersihkan semak dan ilalang yang berada di belakang rumah agar api dari hutan tidak menjalar mendekati rumah warga.

Beberapa warga, sambung Gunawan, segera melaporkan kepada kepolisian dan Dinas Pemadan Kebakaran agar api dapat segera ditanggulangi.

Sementara itu, Kasi Pemadaman dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang, Herinaldi, menuturkan, dalam tempo satu jam api berhasil dijinakkan.

“Kami terkendala beratnya akses menuju titik api di atas bukit sehingga pemadaman cukup menyulitkan, namun berkat kerja keras petugas dibantu petugas kebakaran PT Timah, api berhasil kami jinakkan,” tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya memadamkan api sesegera mungkin sebab api yang berada di atas bukit tersebut berpotensi merambat ke rumah warga yang berada di bawahnya bahkan dapat menyambar SPBU Kampak yang berada tidak jauh dari titik api.

“Apalagi di musim panas seperti ini, api mudah menyambar semak yang kering,” tuturnya.
Bahkan, lanjut Herinaldi, pada satu bulan terakhir akibat musim panas ini terjadi kebakaran semak belukar seperti di SMPN 7 Kelurahan Kerabut dan bekas pabrik es di Pangkalan Baru.
“Puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat memicu kebakaran pada musim panas ini, untuk itu kami berharap masyarakat untuk tidak sembarangan membuat puntung rokok di semak yang kering, “ pintanya.


Sedangkan berdasarkan keterangan dari  kepolisian, penyebab kebakaran hutan di Kelurahan Kampak masih belum diketahui penyebabnya.
“Kami sedang menyelidiki penyebabnya, kami bersama Polresta Pangkalpinang akan menyelidiki kebakaran ini,” pungkas Kapolsek Gerunggang, Iptu Lonang. (rn10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar